Tujuan dari setiap publikasi dan promosi SEO
adalah untuk mengumpulkan jumlah inbound link sebanyak mungkin. Link tersebut
harus datang dari situs-situs populer dan relevan. Inbound link dapat
diklasifikasikan sebagai berikut:
Metode Reciprocal
Link
Metode ini adalah salah satu metode tertua
yang digunakan untuk mendapatkan backlink,
Metode ini akan benar-benar efektif jika dilakukan dengan benar. Metode yang
satu memang ini benar-benar sederhana - menemukan situs-situs otoritas dalam
niche Anda dan meminta mereka untuk pertukaran link. Metode ini juga masih akan
menemuhi beberapa kendala. Ada sejumlah masalah yang terjadi jika menggunaan
metode tersebut:
Jika peringkat halaman Anda lebih rendah
daripada situs yang akan anda jadikan partner link, mereka tidak akan menerima
undangan Anda. Jika demikian, peringkat halaman Anda haruslah lebih tinggi dari
mereka, jika tidak maka Anda tidak mungkin memperoleh ata menemui titik kesepakatan.
Banyak pemilik situs web yang baru akan
merespon bulan kemudian, Akan etapi waktu itu sudah tidak relevan lagi. Sebagian
besar situs akan menempatkan semua link partner mereka pada satu halaman, yang
berarti bahwa pengaruh dari link akan dibagi antara semua situs yang muncul
pada halaman tersebut. Anda harus melacak link timbal-balik secara teratur,
sebagai pemilik situs web cenderung untuk membatalkan kemitraan tanpa adanya
pemberitahuan.
Google dapat dengan mudah melacak backlink timbal balik dan jika cerita ini
benar, hal ini akan benar-benar mengabaikan mereka. Mengingat semua hal di
atas, publikasi promosi SEO Anda tidak akan mendapatkan keuntungan banyak dari
backlink timbal balik.
Metode Link
berbayar
Mungkin Anda bisa menebak, di mana ada
permintaan, ada pasokan. Inti dari link berbayar sederhana - Anda membayar
seseorang untuk menempatkan teks-link atau banner di website-nya. Seiring
dengan backlink Anda mendapatkan manfaat tambahan dari lalu lintas yang
relevan. Model pembayaran dapat bervariasi, dan terserah kepada Anda apakah
akan memilih CPV (Cost-per-View), BPK (Biaya per Klik), CPA (Cost-per-Action)
atau metode pembayaran lain yang telah mendapatkan kesepakatan bersama.
Tentu saja menemukan website yang cocok untuk
iklan mungkin akan menjadi hal yang agak sulit, dan dengan masalah ini maka
layanan seperti Google Adwords hadir
untuk memecahkan masalah anda. Tujuan dari Google Adwords adalah untuk
menyediakan sebuah platform di mana Anda dapat memilih kata kunci, menetapkan
anggaran dan sisanya akan dilakukan secara otomatis. Kekurangan utama yang mereka
alami adalah biaya tinggi, ini biasa terjadi untuk pilihan kata kunci populer
akan dikenakan biaya atau tarif mahal.
Metode Link
dari Blog
Banyak blogger yang membutuhkan konstan untuk
konten segar. Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan website Anda adalah
untuk menyediakan blogger dengan konten gratis yang berhubungan dengan website
Anda. Konten ini akan diterbitkan dalam bentuk artikel dengan link ke website
Anda. Namun, pastikan untuk menyediakan konten berkualitas karena umumnya
pengguna website tidak menginginkan akan adanya konten yang monoton dan
terkesan membosankan untuk di simak, jelas, atau kurang adanya penulisan
artikel dengan sesuatu yang baru.
Cara lain adalah dengan memiliki jaringan blog
sendiri. Ada beberapa pemberi layanan blog yang populer dan gratis!, anda pasti
snang jika ada kata gratis. Ini memiliki layanan yang memiliki Platform
blogging, seperti Blogger dan WordPress, di mana Anda dapat
memposting artikel yang relevan dengan niche Anda dengan link ke website Anda.
Perhatikan bahwa konten blog harus
sangat relevan dengan konten di website Anda dan itu harus unik. Akan tetapi
Anda tidak bisa hanya meminjam konten dari situs-situs lain(Copas) dan
memposting artikel tersebut pada website atau blog anda sendiri, karena Mbah Google
akan segera tahu dan mendeteksi pekerjaan anda kemudian akan segera memberikan
hukuman pada backlink Anda.
Metode Direktori
Web
Direktori
web adalah layanan yang memberikan tempat untuk
menyimpan halaman suatu web tertentu, dan sebagian besar orang sangat remehkan
layanan yang satu ini. Bahkan beberapa dari mereka mengklaim bahwa pembuatan
backlink pada direktori web tidak menguntungkan alias ketam(matek=mati). Sebetulnya
menurut beberapa orang yang ahli dibidang ini klaim seperti tersebut diatas
tidaklah benar. Akan tetapi Yang benar adalah backlink dari direktori web masih
sangat menghitungkan bagi pembuat backlink tersebut, dan Metode SEO yang satu
ini adalah salah satu dari metode SEO dengan mendapatkan backlink dari website
yang berkualitas dan ini merupakan metode backlink yang sangat kuat.
Namun, jika anda pernah mengirimkan website
Anda ke salah satu direktori besar (seperti DMOZ, Archive). Mungkin baru hari ini anda akan merasakan dampak
dari pendaftaran direktori Anda. Supaya metode yang satu ini dapat berhasil
anda harus mengirimkan situs Anda ke ribuan direktori web yang ada dan tentunya
harus berkualitas . ini akan menjadi tugas yang mudah jika Anda memiliki alat
yang tepat untuk mengerjakannya.
Metode Direktori
Pasal
Direktori Pasal adalah salah satu cara yang
paling efektif untuk mendapatkan sejumlah besar link yang sangat relevan dengan
situs Anda. Ada ribuan hampir direktori artikel di web yang akan menerima
konten Anda (Termasuk backlink) ini dilakukan tanpa meminta bayaran apa pun.
Pasal direktori biasanya dibangun dengan
menggunakan prinsip saling menguntungkan(mutualisme). Anda memberi mereka
konten, mereka menyediakan Anda dengan backlink ke website Anda dari konten itu
sendiri yang saya yakin anda akan menempatkan link yang relevan dan dapat
diterima oleh mesin pencari. Dan jika
Anda mengirimkan konten yang relevan dengan niche Anda, Maka backlink akan juga
akan dianggap sebagai backlink yang relevan. Selain itu, Anda akan menikmati
lalu lintas pembaca dan link balik mereka dari situs-situs yang tak terhitung
jumlahnya, dan mungkin ada juga yang mencuri dan kembali memposting atau
mengeposkan konten Anda sebagai milik mereka.
Satu-satunya masalah yang harus anda hadapi dengan
pengiriman artikel adalah anda harus selalu membuat artikel atau konten yang
unik dan dapat diterima. Anda tidak bisa hanya mengirimkan artikel yang sama
berulang-ulang ke ribuan direktori. Lagi-lagi mbah google, Maka Mbah Google
akan segera mendeteksi bahwa semua backlink Anda berasal dari konten yang sama
dan hal ini akan mengurangi kepercayaan mereka(sakti mbah google ini!!!!). Akan tetapi untuk menyiasati ini anda
harus mengubah artikel dengan bahasa anda sehingga akan menghasilkan versi
artikel yang berbeda, baru kemudian anda dapat mengirimkannya kemasing-masing
direktori yang berbeda.
Metode Siaran
Pers
Situs press dibuat dan bekerja dengan cara
yang mirip dengan direktori artikel, Akan tetapi metodeyang satu ini memiliki
tujuan yang berbeda. Penyedia layanan akan menerima dan merilis berita dengan
backlink yang telah anda sematkan didalamnya dan secara harfiah maka penyedia layaan
akan mendistribusikannya ke website yang memiliki agregasi berita besar seperti
Google News.
Dari sana konten semakin menyebar di seluruh
web baik oleh wartawan siapa mencari siaran pers yang menarik, atau website
yang biasa membuat konten dengan cara Copas.
0 komentar:
Posting Komentar